:: welcome to dapuRnyasaYa::

:: welcome to dapuRnyasaYa::

Tuesday, April 3, 2012

Steamed Rainbow Cake/Kue Pelangi

Prolog : Rainbow Cake emang lagi happening/lagi ngetrend ! kata Urbanesia  "Belum habis euforia red velvet cake, rainbow cake hadir dan mewarna-warnikan tren kuliner Jakarta. Linimasa Twitter saja dibanjiri tweet soal rainbow cake. Kue ini berhasil merebut perhatian banyak orang. Restoran, cafĂ©, hingga cake shop pun mulai memasukkan nama rainbow cake ke dalam menu. Bahkan usaha penjualan kue online pun mulai menawarkan layanan rainbow cake yang siap diantar.

Rainbow cake umumnya memiliki enam sampai tujuh lapisan. Sesuai dengan namanya, rainbow cake memiliki urutan warna seperti pelangi, yaitu merah-jingga-kuning-hijau-biru-nila-ungu (mejikuhibiniu). Selain dijual secara utuh ataupun per slice, ada pula yang menjual rainbow cake in jar ataupun dalam bentuk rainbow cupcake.

Warna-warni pada rainbow cake banyak membuat orang memesan kue ini untuk acara ulangtahun. Karena warna yang sudah cukup meriah, rainbow cake tidak lagi membutuhkan tambahan hiasan-hiasan. Jadi bagi Urbanesian yang sedang berencana untuk membeli kue ulangtahun untuk kejutan, rainbow cake bisa menjadi pilihan yang menarik.


Setelah membahas soal rainbow cake, Urbanesia juga punya fakta menarik soal kue ini. Bila di luar dikenal dengan rainbow cake, Indonesia juga memiliki kue pelangi. Meksipun memiliki nama yang sama, kue pelangi Indonesia hanya memiliki tiga lapisan warna yaitu merah muda, hijau, dan putih. Kue pelangi juga tidak menggunakan cream frosting untuk menyelimuti seluruh permukaan kue.


Rainbow Cake
yang aku buat ini dibuat dengan cara dikukus/steamed.



It's so tempted, sangat menggoda, gampang tapi butuh kesabaran pada saat menuang 6 warna satu persatu setiap 10 menit .... Pokoke maknyuz, rasanya yammeh..... gak rugi deh bikinnya repot tapi hasilnya jempol