:: welcome to dapuRnyasaYa::

:: welcome to dapuRnyasaYa::

Tuesday, July 5, 2016

LIDAH KUCING ZEBRA

Bikin Lidah Kucing yang anti main-stream alias bikin yang beda nih ceritanya hihihi... Biarpun gak bisa rapi bikinnya minimal sudah puas karena sudah mencoba ...


Chocochips OAT Cookies

Keliatannya seperti kukis coklat ya bu-ibu, padahal sama sekali nggak pakai coklat tapi pakai gula aren.  Kukis ini rasanya renyah banget kress kreess iya karena pakai havermut atau oat yang diblender,



Thursday, June 23, 2016

KECIPUT WIJEN

Iya Kue Keciput ini seperti Onde-Onde ya, bedanya kalau Onde-onde besar dan keciput ini kecil-kecil imut banget dan tanpa isian.  Bahan utamanya dari tepung ketan.

Seumur-umur saya belum pernah beli tepung ketan,  Bikin Kue Keciput ini karena di Instagram sering banget wira-wiri camilan khas Ramadhan yang berbahan tepung ketan.  Kebetulan di Alfamart dekat rumah ada dan kebetulan lagi diskon, ibu2 suka kalap kalo ada diskonan.

Karena pakai bahan pengembang berupa Soda Kue dan Baking Powder, kue nya ngembang banget.  Adonan aslinya kecillll tapi pas digoreng membesar.

Yuk bikin, resepnya disini ya bu - ibu ...


Friday, June 10, 2016

KEMBANG GOYANG

Puasa hampir seminggu dan sebentar lagi Lebaran (yaiyalah).  Selama 8 tahun tinggal di daerah Kelapa Dua Kebon Jeruk Jakarta Barat ini saya baru tahu bahwa Kembang Goyang adalah salah satu makanan tradisi orang Betawi untuk suguhan Lebaran.  Walaupun tinggal di kompleks perumahan (Perumahan Departemen), rumah saya ini dikelilingi oleh mayoritas orang Betawi Asli.

Apalagi bulan puasa gini banyak yang jual makanan menjelang jam berbuka puasa.  Dan saya sering lihat Kembang Goyang ini banyak dijual di pinggir jalan berbarengan sama yang jual hidangan buka puasa. Dikemas dengan plastik besar.

Dannnnn mari kita bikin sendiri si Kembang Goyang alias Shaking Flower, kalo kata Neng Peya ABG saya hahaha... 4 tahun yang lalu saya pernah bikin dengan ukuran cetakan paling besar dan ternyata hasilnya besar banget. Kali ini saya coba bikin yang ukuran paling kecil dan ternyata cocok untuk sekali happ.


Wednesday, June 8, 2016

OREO CHIFFON CAKE

Hai haiiii bapak ibu semuanya kali ini bahasan kita adalah CHIFFON CAKE. Biasanya kan variannya hanya rasa pandan, coklat atau mocca.  Biar lain dari yang lain saya eh kami bikin yang agak beda, yaitu OREO CHIFFON CAKE.

Proses pembuatan Chiffon Cake berbeda dari pembuatan cake pada umumnya. Caranya adalah dengan memisahkan bagian kuning dan putih telor nya, dan masing-masing dikocok terpisah.

Biasanya dalam pembuatan Chiffon Cake dibutuhkan bahan kue yang namanya CREAM of TAR-TAR, tapiiii yang istimewa jika menggunakan Mixer BOSCH adalah tidak usah/tidak perlu menggunakan bahan tersebut. Karena kehebatan Mixer BOSCH inilah yang membedakan Mixer BOSCH dengan Mixer lainnya.

Anda yang sudah membeli atau mempunyai Mixer BOSCH, patut dicoba RESEP ini, resep yang sudah diuji di dapur PT SICO.



Keterangan Foto :
1. Adonan putih telor yang dikocok menggunakan Mixer BOSCH speed 4
2. Adonan putih telor yang telah dikocok TANPA bahan tambahan CREAM of TAR-TAR tetap kokoh walau dibalik adonannya (adonan dalam com Mixer).  
Model courtessy : Chef Lucky dari PT SICO ^^
3. Adonan Chiffon cake ready to bake alias siap dioven...
4. Setelah kira-kira 45 menit dioven (tergantung oven masing2 ya) jadilah OREO CHIFFON CAKEnya, cihuyy
5. Yes Well Done ... sudah jadi dan Ready to eat... yummy

NOTE : 
Cream of Tartar adalah bahan yang biasa digunakan untuk menstabilkan putih telur yang dikocok.  
Cream of tartar adalah bahan pengembang berupa garam potassium dari asam tartarat yang diperoleh sebagai hasil samping industri wine.

Saturday, June 4, 2016

PUDDING LUMUT Green Tea

Ikutan kekinian yang lagi ngehits di bumi Instagram. Yak Puding Lumut.  Udah mirip lumut blum bu ibu ? Udah ada ke-jijik-an ? hihiii. Terus terang saya awalnya jijik dan gak kebayang, karena lumut identik sama sesuatu yang agak kotor kann...
Kalo dibuat Puding seperti ini apa iya ketelen ? silakan yang mau muntah dikeluarin aja hahahah.  Tapi demi sesuatu yang baru dan menantang kreatifitas patut dicoba.  Bikinnya gampang banget cuman cemplung2 dan cetak.   Haiyaaa tinggal kasih ikan sapu-sapu aja nih biar dimakan lumutnya hahahaha



Resepnya ada disini (klik aja)

Wednesday, May 4, 2016

BROWNIES Karakter

Character Brownies nih ceritanya hehe.. Udah mirip blum sama Rilakkuma si Panda Coklat yang imut itu..  Pakai Resep Brownies yang luarnya kering (kliatan kan atasnya pecah-pecah seperti tanah yang kekeringan) tapi dalamnya moist - teksturnya chewy.  Biasa disebut dengan istilah Shiny Crust. Saya lebih suka Brownies setelah dimasukkan kulkas jadinya agak keras dan (makin) kering.

Resepnya bisa dilihat disini

Thursday, April 28, 2016

BURGER HITAM / KURO BURGER

Ikutan kekinian bikin makanan hitam pakai Charcoal Powder alias Arang Bambu Jepang. Nggak ada rasanya sih menurut saya ya hanya untuk lebih sebagai pewarna aja.

Seperti biasa pake Mixer BOSCH yang nguleni karena saya gak kuat nguleni ... daripada capek-capek nguleni tapi nggak bisa kalis juga kan sayang tenaga ya permirsah ... Mending yang pasti-pasti aja deh.  Kalau pake Mixer BOSCH adonan pasti kalis dan elastis hanya 15 menit saja. Resep yang saya pakai adalah Resep Killer Soft Bread dengan penambahan 1,5 sendok teh Charcoal Powder


Mau tanya-tanya tentang Mixer BOSCH ? silakan chat saya di BBM PIN 572BFFC9 atau SMS n WhatsApp No 0812 9075313 atau bisa juga via email saya : lala.vembri@gmail.com

Read More - Baca Selanjutnya klik

Thursday, April 21, 2016

RAINBOW BREAD

Setelah sekian lama maju mundur cantik mikir-mikir mau bikin roti tawar akhirnya kesampean juga bikin.  Biarpun hasilnya kurang sempurna tapi saya lumayan puass bisa bikin sendiri. 
Next time harus lebih bagus motifnya dan warna nya dibikin soft biar seperti ice cream Singapore yang dijual di mall.

Ini ceritanya saya baru beli cetakan roti tawar bertutup tapi kemarin saya nggak PD jadi gak saya pake tutupnya (takut malah mbludak karena salah hitung adonan).

Pakai resep Killer Soft Bread, resepnya ada disini

-  Tutorial cara membuat Rainbow Bread ada disini

Seperti biasa pakai Mixer BOSCH yang nguleni, hasilnya pasti kalis dan elastis hanya 15 menit.

Pemirsa mau tanya-tanya tentang Mixer BOSCH ? silakan BBM saya di PIN 572BFFC9 atau WhatsApp 0812 9075313 atau email : lala.vembri@gmail.com