:: welcome to dapuRnyasaYa::

:: welcome to dapuRnyasaYa::

Tuesday, May 29, 2012

Sup Ikan Asam Pedas

Mulai sekarang aku posting masakan selain kue-kue ya, setelah bongkar2 koleksi Majalah Sedap (Sekejap) jadul aku mulai tergoda untuk masak2 yg bumbunya macem yg merepotkan itu, padahal selama ini cuman seneng liatin foto2nya sambil membayangkan betapa ribetnya ngulek bumbu kemiri yg disangrai dulu, sereh, kunyit yg dibakar dulu, jahe ... tp ternyata semua keribetan itu gak seberapa dibandingkan dgn hasil yg super !

Postingan perdana kali  masakan berbahan dasar ikan, ikan tenggiri yg biasa aku beli di pasar deket rumah, biasanya cuman dibikin bakso ikan. Kalo beli 1/2 kilo jadi bakso ikan semua bosen juga, ditusuk spt sate n cuman buat ngemil aja.

Stok ikan tenggiri yg aku beli 1/2 kilo lebih stl dipotong2 jadi 4 potong, yg 1 potong aku bikin bakso ikan n sisanya dibikin Sup Ikan Kuah Asam ini.

Yg bikin aku  akhirnya mau mencoba resep ini adalah krn ada asam dari jeruk nipis (aku pake lemon) n aku tambahin daun kemangi, dan rawit utuh spt resep ikan patin, sluurrrppp pasti seger....


Sup Ikan Asam Pedas
Resep dari Majalah SedapEdisi 11/VII/2006 halaman 50
Bahan :
250 gram ikan tenggiri potong tebal 1 1/2 cm
1/2 sdT air jeruk nipis (aku air jeruk lemon)
4 bh belimbing wuluh dipotong-potong (aku nggak pake, diganti tomat)
2 lembar daun jeruk purut buang tulangnya (aku pakai 5 krn tinggal metik)
1 batang serai, ambil bag putihnya, memarkan
1 cm jahe, memarkan
1 lembar daun salam (aku pake 3)
2 bh tomat hijau (aku nggak pake krn gak prnh beli)
750 ml air
1 tangkai daun bawang potong 1 1/2 cm
1/2 sdT gula pasir
1 1/4 sdT garam
Minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
5 bawang merah
2 siung bawang putih
1 cm kunyit bakar
3 butir kemiri, sangrai

Tips : 
Lumuri ikan dengan jeruk nipis selama 15 menit
Jika khawatir ikan hancur, ikan boleh digoreng sebentar
Tambahin rawit utuh dan daun kemangi yg banyak spy wangi n makin enak, nyammmehhh

Happy cooking ibu ibuuuuuuu *chef Harada mode ON