:: welcome to dapuRnyasaYa::

:: welcome to dapuRnyasaYa::

Wednesday, July 4, 2012

Kembang Goyang - Uji Resep

Akhirnya, keingintahuanku tentang klethikan ala Betawi yang satu ini tercapai.  Awalnya dapet kiriman lebaran dari Pak Marjuk, beliau ini yg dititipin alm. bapakku untuk jagain tanah di Ciledug, setiap lebaran keluarga kami (ibuku) sering dapet  kiriman makanan ala Betawi, tp yg paling berkesan buatku ya si kembang goyang ini. Waktu aku coba rasanya keraaas banget tp enak, rasa manisnya pas.  Kebetulan pas acara Sedap Mighty Culinary aku daftar langganan tabloid Saji dan ada bonusnya bbrp buku dan salah satunya adalah buku yg mejeng di foto berikut :
"Toples Kaca Legendaris"... Umurnya udah lebih dari 60 th.
Punya 2 pcs yg seperti ini, 1 dari Ibu  Jogja (Ibu mertua) dan 1 dari  Eyang  Ngering (ibunya ibu Jogja)
Rasanya enak, nggak sekeras yang pernah aku makan itu.  Yg aku bikin ini teksturenya lebih tipis drpd keripik bawang/pangsit goreng. Bikinnyapun nggak sesusah bayanganku.  Asal mau repot, bikin 1 cetakan di 1 wajan, ampun.... Tp bsk kalo ke toko bahan kue aku mau beli cetakan yg kecil aja spy 1 toples bisa penuh...  Resep aslinya pakai wijen dan kayumanis tapi aku nggak pake 2 bahan tsb.

Kembang Goyang Wijen Kayu Manis
Resep Buku Saji "Kue Kering untuk Idul Fitri"

Bahan ;
150 gram tepung beras
35 gram gula pasir halus
3/4 sdT kayu manis bubuk
1 butir telur
1/2 sdT garam
200 ML santan dari 1/2 butir kelapa
2 sdM wijen
Minyak untuk menggoreng

Cara membuat :
1. Aduk semua bahan sampai larut
2. Panaskan cetakan dalam minyak yg sudah dipanaskan diatas api sedang
3. Celup cetakan ke adonan.  Masukkan dalam minyak sambil digoyang2 samapi kue terlepas.
4. Goreng sampai matang dan kering