:: welcome to dapuRnyasaYa::

:: welcome to dapuRnyasaYa::

Thursday, January 31, 2013

Jentik Keju

Yuk bebikin camilan/snack kriuk-kriuk yang sehat untuk keluarga, aku bilang sehat karena tanpa pengawet dan tanpa MSG.... Bikinnya gampang, ajak si kecil bikin bareng pasti fun banget. Mirip sama Cheese Stick, pakai keju cheddar juga tapi metodenya dengan dipilin-pilin alias dicetak manual pake 2 telapak tangan (yyya iyalah mosok telapak kaki). Gak perlu pake mixer, kluarin aja property baskom dan kocokan telur anda.... Nggak rempong kann ?

Penampakan Toples tua, tua (pake) banget, sejak jaman penjajahan Jepang di Indonesia, tahun 1942, di tutupnya ada tulisan emboss Osaka Shimada JapanKonon katanya ini yang asli menurut sepupuku yang kolektor barang2 tua n antik, dan ini salah 1 toplesnya ada di aku, gak jelas, dikasih apa disuruh nyimpen doang, wkwkwk krn ybs domisili di Semarang, ngarep dia lupa ... btw umur ni toples udah 71 tahun ? ?

 

Berikut penampakan Jentik Keju yang siap di"lhepppp" agak mekar dibanding adonan mentah (lihat foto dibawah)

Dan yang ini Jentik Keju yang masih mentah, siap digoreng, awalnya kurus langsing, beda sama yang udah matang pas digoreng mekarrrr

Mari disimak resepnya ya

Jentik Keju
Bahan:
3 butir telur utuh
100 gram keju cheddar
250 gram tepung sagu

Cara:
Kocok telur sampai tercampur rata,  masukkan kejunya, aduk lagi dan tambahkan tepung sagu yang sudah diayak sedikit-sedikit ke dalam adonan tepung.
Ulenin dengan tangan dan pilin-pilin sampai tipis dan  siap digoreng dengan api sedang sampai kekuningan

Tips :
- dipilin-pilin sampai tipis, karena kalau ketebalan hasilnya kurang renyah/kriuk
- goreng sampai kekuningan agar renyah