:: welcome to dapuRnyasaYa::

:: welcome to dapuRnyasaYa::

Tuesday, May 1, 2012

Pizza SEDAP



Di Milist NCC, Rina Rinso pernah posting ttg Soft Dough Pizza dari Buku Majalah Sedap, huuu pasti enak... dan bbrp hari yll ada juga, Mbak Ulin yang posting, karena ada waktu, ada bahan (baru beli Mozarella Cheese di Carrefour, harganya lumanyun, Rp. 33 ribu ukuran berat 258 gram, glek), dengan tekat kuat untuk berkutat selama 2 jam sampe Pizzanya jadi, bikin deh...daaaan ternyata enak walaupun eggless alias tanpa telor, agak2 amazing juga sih, biasanya bikin selalu pake Resep Roti Manis dengan 3 kuning telor.  Thanks ya bu ibu...very recommended pokoke n jadi resep andalan...

Soft Dough Pizza 
dari Buku 52 Resep Pizza SEDAP

Bahan :
350 gr terigu protein tinggi (merk Cakra)
15 gr gula pasir
5 gr ragi instan
20 gr susu bubuk
200 ml air es
50 gr mentega putih (bisa juga pake Blue Band )
1 sdt garam

Topping :
saus tomat (aku pakai Saus Barbeque Del Monte dicampur oregano)
smoke beef
sosis sapi
bawang bombay
paprika merah / hijau / kuning
keju Mozzarella ( jika tidak ada bisa pake Kraft yg Quick Melt )

Cara membuat :
1. Campur semua bahan, terigu, ragi, susu bubuk, gula, dan margarin, kecuali air dan garam. Kemudian masukkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis. Terakhir masukkan garam, uleni lagi sampai kalis.
2. Bulatkan adonan, diamkan sampai adonan mengembang 2 kali atau kurleb 30 menit - 1 jam, tergantung kelembaban suhu proofing )
3. Setelah mengembang kempiskan adonan, kemudian timbang adonan @ 30 gram. Bulatkan adonan dan diamkan 10 menit. (aku pakai loyang bulat pendek diameter 20 cm dan 22 cm)
4. Setelah didiamkan 10 menit tipiskan adonan dengan cara digiling, bentuk lingkaran kurleb 10 cm. Kemudian tusuk-tusuk dengan garpu (supaya rotinya nggak nggembung)
5. Setelah itu diamkan 30 menit sampai mengembang.
6. Oven dengan api bawah suhu 190 derajat selama 8 menit sampai roti setengah matang.
7. Oleskan bagian atas roti dengan saus tomat, taburi dengan topping ( kemarin aku pakai bawang bombay, sosis sapi dan smoke beef, kemudian dan taburi dengan keju mozzarela yg dipotong dadu)
8. Oven lagi selama 8 menit sampai matang.

Catatan : topping bisa divariasi tergantung selera dan tergantung persediaan, pakai jamur, jagung manis juga enak
tapi menurut aku kuncinya ada di Mozarella Cheese melted gurih2 ngaret gitu deh...